AirBus A380, Safety on Air? Yesssssss   Leave a comment

Airbus A380 yang diproduksi oleh Airbus S.A.S. adalah sebuah pesawat dua tingkat, dengan empat mesin yang mampu memuat 850 penumpang dalam konfigurasi satu kelas atau 555 penumpang dalam konfigurasi tiga kelas. Pesawat ini melaksanakan penerbangan perdana pada 27 April 2005 dan akan memulai penerbangan komersial pada akhir tahun 2007setelah ditunda beberapa kali. Pesawat ini juga merupakan pesawat komersial (pesawat penumpang) terbesar yang pernah dibuat. Saat pesawat pertama dibuat dan terbang mengangkasa ukuran pesawat terus dibuat semakin besar. Pada tahun 1950 boeing memproduksi 707 yang besar. kemudian pada tahun 1970, boeing memproduksi dan meluncurkan boeing 747 yang berukuran lebih besar lagi. Tahun 2006, pesawat raksasa A380 baru mengangkasa. Pesawat ini mempunyai mesin empat mesin buatan Rolls-Royce Trent-900 yang mampu memberikan daya dorong 36.280 kg atau empat mesin kipas turbo Alliance Gp 7200, dengan daya dorong 37.003 kg. Pesawat A380 versi standar memiliki 854 kursi untuk penumpang, sementara A380-900 memiliki 1000 kursi untuk penumpang. di atas pesawat ini terdapat pusat pembelanjaan,tempat bermain anak-anak, dan fasilitas-fasilitas lainya. Jenis Pesawat penumpang sipil Jumlah awak 2 Penerbangan perdana 2005 Penerbangan perdana komersial 2007 Produsen Airbus Ukuran Panjang 73 m Sayap 79.8 m Tinggi 24.1 m Luas sayap 845 m² Berat Kosong 280.000 kg Berat maksimum lepas-landas 560.000 kg Kapasitas 555 (3-kelas) 840 (1-kelas) Kap. bagasi 38 LD3 atau 13 palet Tenaga Motor Empat Rolls-Royce Trent 900 atauEngine Alliance GP7200 turbofan Laju 271.560 lbf Kinerja Kecepatan laju 0.85 M (~ 902 km/jam) Kecepatan maks. 0.89 M (~ 945 km/jam) Radius operasi 15.100 km Ketinggian 13.100 m 43.000 kaki Kecepatan naik m/min Mesin Tenaga disediakan dengan pilihan mesin turbofan Rolls-Royce Trent atau Engine Alliance GP7200. Rolls-Royce Trent pada awalnya menang dalam kompetisi (dipesan lebih banyak oleh para pemesan A380) namun, Engine Alliance memulihkan penjualannya dan pada sekarang ini mesinnya mendapat setengah bagian pasar. Peluncuran Airbus A380 diperlihatkan untuk pertama kalinya kepada publik pada Januari 2005. A380 melakukan penerbangan perdananya pada 27 April 2005 dari Blagnac Toulouse International Airport, Toulouse, Perancis pada 8:29 UTC dan kembali mendarat dengan selamat pada 12:22 UTC di bandara yang sama Fasilitas Airbus dan maskapai penerbangan yang akan menggunakan A380 menekankan kemampuan pesawat ini yang meningkatkan kenyamanan penumpang seperti kabin yang lebih luas dan berbagai fasilitas lain seperti bar, toko-toko, bahkan kasino seperti yang diumumkan oleh Virgin Atlantic. Namun, melihat pengalaman Boeing 747 yang dahulu juga menjanjikan hal serupa, kelihatannya ruang yang lebih luas ini kemungkinan tidak akan dipakai untuk hal-hal seperti itu namun hanya akan dipakai untuk meningkatkan kapasitas pesawat dan menekan pengeluaran. Walau begitu, dengan perhitungan kapasitas 555 kursi, A380 seharusnya bisa menghadirkan kabin kelas ekonomi yang lebih luas. Bandara juga memerlukan modifikasi pada terminalnya untuk dapat mengakomodasi naik turunnya penumpang yang lebih banyak. Gate 2 tingkat juga bisa diharapkan untuk meningkatkan efisiensi. [sunting]Opini Interior kamar tidur di kabin Airbus A380 Opini publik saat pertama kali disajikan Airbus A380 adalah kekaguman akan ukurannya yang sangat besar dibandingkan B747 apalagi setelah melihat bahwa A380 benar-benar memiliki 2 tingkat dari depan sampai belakang. Walau demikian, banyak juga yang mencemaskan akan terjadi kepadatan di bandara dan fasilitas-fasilitasnya termasuk saat mengambil bagasi dimana saat penumpang semakin banyak, jumlah bagasi yang diangkut akan meningkat. Pemesanan Interior ruang makan di kabin Airbus A380 Saat ini, sekitar 15 maskapai penerbangan sudah memesan pesawat A380 ini dengan total 154 order. Pemesanan tertinggi dilakukan oleh Emiratessejumlah 41 buah. Maskapai lain yang juga memesan A380 ini antara lain Lufthansa, Qantas, Singapore Airlines, dan Malaysia Airlines. Airbus sendiri menyatakan bisa memenuhi pesanan 4 buah per bulan. Penerbangan komersial pertama sudah digembar-gemborkan oleh Singapore Airlines yang sudah mempromosikan bahwa mereka akan menjadi maskapai pertama yang menggunakan A380 untuk rute London dan Sydney dari Singapura yang dijadwalkan dimulai pada akhir Oktober 2007. [sunting]Route-Proving Pada tahun 2006, Airbus A380 telah menjalani 18 hari tur keliling dunia (route-proving) menuju beberapa kota besar di dunia. Route-proving untuk tahun 2006 terbagi atas empat rute, yaitu:  Toulouse-Singapura-Seoul  Toulouse-Hong Kong-Tokyo  Toulouse-Guangzhou-Beijing-Shanghai  Toulouse-Johannesburg-Sydney-Vancouver Airbus A380 juga melakukan route-proving kedua pada tahun 2007 selama 12 hari dengan menggunakan nama Lufthansa. Route-proving untuk tahun2007 terbagi atas tiga rute, yaitu:  Frankfurt-New York-Chicago  Frankfurt-Hong Kong  Frankfurt-Washington D.C.-München [sunting]Trivia  Kedatangan A380 di Hong Kong saat route-proving terlambat dua jam akibat kebocoran salah satu pipa hidrolik di Frankfurt. Di bandara Frankfurt tidak tersedia suku cadang A380 sehingga harus didatangkan dari pabriknya di Toulouse, Perancis.  Di München, lebih dari 23.000 orang memadati bandar udara Munich untuk melihat pesawat double-decker itu. Konfigurasi Airbus baru ini akan dijual dalam dua versi:  pesawat terbang penumpang (A380-800)  pesawat terbang penumpang (A380-900)  pesawat kargo (A380-800F) (150 ton) [sunting]A380-900 Pada tahun 2009 nanti, Airbus akan menambah satu tipe untuk A380 yakni A380-900. Di mana pesawat ini mampu menampung 1000 orang penumpang. Jika dibandingkan dengan A380-800 yang mampu menampung 800 orang penumpang tipe ini mampu memuat 200 orang penumpang lebih banyak. Saat ini banyak maskapai penerbangan yang memiliki armada A380 yang memesan pesawat terbang penumpang terbesar di dunia ini. Untuk mengantisipasi masalah yang besar, pihak bandara Internasional sudah memodifikasi airbridge atau garbaratanya menjadi 2 tingkat. [sunting]Referensi 1. ^ http://www.forbes.com/2007/11/13/talal-billionaires-a380-biz-cx_ll_1113plane.html Forbes: A Peek Inside The Flying Palace 2. ^ http://www.airbus.com/en/aircraftfamilies/executive_aviation/vip_widebodies/ Airbus Executive and Private Aviation [suntingPranala luar  Airbus A380  Airbus A380 Route-Proving 2006  Airbus A380 Route-Proving 2007

Referensi:

http://www.forbes.com/2007/11/13/talal-billionaires-a380-biz-cx_ll_1113plane.html

http://www.airbus.com/en/aircraftfamilies/executive_aviation/vip_widebodies/

Posted February 14, 2010 by gilbertdaulima in Technology

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: